PENGENALAN OBJEK DAN CLASS
LAPORAN PRAKTIKUM
MODUL 2 PENGENALAN OBJEK DAN CLASS
Disusun Oleh :
20160910005
ANDIKA PRATAMA
SI 2016 B
PRODI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
MODUL 2 PENGENALAN OBJEK DAN CLASS
Disusun Oleh :
20160910005
ANDIKA PRATAMA
SI 2016 B
PRODI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
DAFTAR ISI
DAFTAR ISI i
BAB I 1
DASAR TEORI 1
PRAKTIKUM 4
BAB II 8
LATIHAN / POST TEST 8
BAB III 11
TUGAS INDIVIDU 11
BAB I
DASAR TEORI
DASAR TEORI
1. Objek Kesatuan entitas (benda), baik yang berwujud nyata ataupun hanya suatu system/konsep yang memiliki sifat, karakteristik dan fungsi.
2. Class
Class merupakan cetak biru (blue print) dari obiek atau dengan kata lain sebuah Class menggambarkan ciri-ciri objek secara umum. Sebagai contoh Suzuki Smash, Yamaha VegaR, Honda Supra Fit, dan Kawasaki KazeR merupakan objek dari Class sepeda motor. Suzuki Smash dan objek lainnya juga memiliki kesamaan atribut (merk, tipe, berat, kapasitas bensin, tipe mesin, warna, harga) dan method untuk mengakses data pada atributnya (misal fungsi untuk menginputkan data merk, tipe, berat, dsb serta fungsi untuk mencetak data merk, tipe, berat, dsb).
Contoh:
class SepedaMotor
{
private String merk, tipe;
private int tangki;
private long harga;
public void setMerk(String merk) {
this.merk = merk;
}
public String getMerk(){
return merk;
}
}
3. Atribut Attribut merupakan nilai data yang terdapat pada suatu object yang berasal dari class. Attributes merepresentasikan karakteristik dari suatu object.
4. Method Apa saia yang dapat dilakukan / dialami oleh suatu objek. Jika bersifat static berarti dilakukan ojeh semua objek dalam kelas tersebut.
Sintaks untuk membuat method :
accessModifier tipeMethod namaMethod(..........)
Parameter a tipeData1 namaVar1
Contoh :
Public long getHarga()
5. This This digunakan untuk membedakan variabel yang dideklarasikan pada parameter di dalam method dengan variabel yang dideklarasikan pada class. Perhatikan keyword "this" di bawah ini (lihat pada class SepedaMotor) :
Public void setMerk(String merk) {
this.merk = merk;
}
Untuk membedakan variable merk pada parameter dan variabel merk pada atribut dari class SepedaMotor, digunakanlah keyword "this", Sehingga untuk menggunakan atribut merk pada class SepedaMotor, digunakan:
this.merk
6. Access Modifier
Yang dimaksud dengan access modifier adalah pengaturan hak akses class maupun method. Ada 4 akses yang tersedia, yaitu default, public, protected, private Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat kedua tabel berikut ini :
No Modifier Pada class Pada Method & variable
1 Default (tak ada modifier) Dapat diakses oleh yang sepaket Diwarisi oleh subkelas dipaket yang sama, dapat diakses oleh method-method yang sepaket.
2 Public Dapat diakses dimanapun Diwarisi oleh subkelasnya, dapat diakses dimanapun.
3 Protected Tidak dapat diterapkan Diwarisi oleh subkelasnya, dapat diakses oleh method-method yang sepaket.
4 Private Tidak dapat diterapkan Tidak dapat diakses dimanapun kecuali oleh method-method yang ada di dalam kelas.
Aksebilitas public private protected default
Dari kelas yang sama Ya Ya Ya Ya
Dari sembarang kelas dalam paket yang sama Ya Tidak Ya Ya
Dari sembarang kelas di luar paket Ya Tidak Tidak Tidak
Dari subkelas dalam paket yang sama Ya Tidak Ya Ya
Dari subkelas di luar paket Ya Tidak Ya Tidak
7. Instance of Class Objek yang di instan atau dibuat dari class.
8. Input Data Dalam pemrograman java, untuk menginputkan data dari key board ada 2 cara, yaitu:
1) Input dari mode console, yaitu dengan memanfaatkan class BufferedReader dan Input.StreamReader. Untuk bisa tnengakses class BufferedReader maka perlu mengimnpor dari package java.io.* dan menambahkan statemen throws IOException pada header method main.
2) Inputan dengan memanfaatkan class JOptionPane. Untuk bisa menggunakan class JopttonPane, maka perlu mengimpor dari package javax.swing.* dan gunakan method showInputDialog() yang terdapat pada class JOptionPane.
9. Java Documentation
Merupakan dokumentasi dari kelas-kelas yang sudah disediakan oleh java yang berupa API (Application Programming Interface), dan siap untuk digunakan
PRAKTIKUM
Praktikkum 1
• Script
import java.io.*;
class praktikum1{
public static void main (String[]args) throws IOException
{
BufferedReader br=new BufferedReader (new InputStreamReader(System.in));
String nama,kota;
System.out.print("Nama Anda : ");
nama = br.readLine();
System.out.print("Kota Asal : ");
kota = br.readLine();
System.out.println("Selamat Datang "+nama+"dari " +kota);
}
}
• Hasil run
• Analisis
Program diatas adalah sebuah program untuk menampilkan nama dan kota asal dengan data yang dibuatkan secara dinamis atau diketikan ketika program berjalan. Hal ini bisa terjadi karena ada statement program bufferdreader yang berguna untuk mengetikan data ketika program berlangsung dan disimpan didalam variable yang digunakan. Untuk peggunaan statement ini kita harus memakai import java.io.*; agar bufferedreader bisa terbaca oleh program.
Praktikkum 2
• Script
import javax.swing.*;
class praktikum2 {
public static void main (String[]args){
String nama, kota;
nama = JOptionPane.showInputDialog("Nama Anda : ");
kota = JOptionPane.showInputDialog("Kota asal : ");
System.out.println("Selamat Datang "+nama+" dari "+kota);
System.exit(0);
}
}
• Hasil run
• Analisis
Program diatas adalah sebuah program yang hampir sama dengan praktikum 1
yaitu menampilkan nama dan kota asal dengan data yang dibuatkan secara
dinamis atau diketikan ketika program berjalan namun perbedaannya
disini ketika kita akan memasukan data akan muncul sebuah pop up dari
program. Hal ini bisa terjadi karena ada statement program
JOptionPane.showInputDialog yang berguna untuk memunculkan popup dialog
yang nantinya data tersebut akan disimpan di variable yang dipakai.
Statement ini juga membutuhkan jasa import javax.swing.*; untuk
menjalankan perintah JOptionPane.showInputDialog.
Praktikkum 3
• Script
Class balok :
public class balok
{
double panjang;
double lebar;
double tinggi;
}
Class volume balok
public class volumebalok
{
public static void main(String[] args) {
double volume;
balok bl = new balok();
bl.panjang=7;
bl.lebar=4;
bl.tinggi=5;
volume = bl.panjang*bl.lebar*bl.tinggi;
System.out.println("Volume Balok = "+volume+"Cm3");
}
}
• Hasil run
Program diatas adalah sebuah program untuk menentukan volume balok
dengan menggunakan class berbeda . class pertama yaitu class balok yang
didalamnya terdapat variable untuk diproses. Yang kedua adalah class
volume balok yang didalamnya berisi program untuk memproses perhitungan
dalam mencari volume balok. Di class pertama kita hanya menentukan
variable sebagai tempat untuk menyimpan data. Di class kedua kita
membuat sebuah perhitungan sebagai berikut :
volume = bl.panjang*bl.lebar*bl.tinggi;
volume = bl.panjang*bl.lebar*bl.tinggi;
System.out.println("Volume Balok = "+volume+"Cm3");
Dalam setiap angka yang akan disimpan kita menyimpan di class pertama untuk cara menyambungkan nya dengan cara sebagai berikut :
balok bl = new balok();
bl.panjang=7;
bl.lebar=4;
bl.tinggi=5;
BAB II
LATIHAN / POST TEST
LATIHAN / POST TEST
Program penerapan class
• Script
Class post1 :
public class post1
{
double panjang;
double lebar;
}
Class hitung
public class post1clas{
public static void main(String[] args) {
double luas;
post1 sc = new post1();
sc.panjang=6;
sc.lebar=4;
luas = sc.panjang*sc.lebar;
System.out.println("Luas persegi panjang = "+luas+"cm");
}
}
• Hasil run
• Analasis
Program diatas adalah sebuah program untuk mencari luas persegi panjang.
Diatas menggunakan dua class . class pertama yaitu class post1 yang
mana hanya berisikan sebuah variable kosong untuk menyimpan nilai. Untuk
class yang kedua yaitu class hitung dimana fungsinya untuk menghitung
sebuah luas persegi Panjang dengan menggunakan penyimpanan data atau
variable dari class post1.
post1 sc = new post1();
sc.panjang=6;
sc.lebar=4;
luas = sc.panjang*sc.lebar;
System.out.println("Luas persegi panjang = "+luas+"cm");
Proses tersebut bisa digambarkan seperti berikut.
Class hitung menyimpan data ke class post1, lalu post1 memberikan data ke class hitung untuk diproses dalam aritmatika dan akan keluar hasilnya dalam class hitung
Modifikasi praktikum 3 :
• Script
Class balok :
public class balok
{
double panjang;
double lebar;
double tinggi;
}
Class hitung :
import java.util.Scanner;
public class post3
{
public static void main(String[] args) {
Scanner sc = new Scanner(System.in);
double volume;
balok bl = new balok();
System.out.print("Masukan panjang balok = ");
bl.panjang=sc.nextInt();
System.out.print("Masukan lebar balok = ");
bl.lebar=sc.nextInt();
System.out.print("Masukan tinggi balok = ");
bl.tinggi=sc.nextInt();
volume = bl.panjang*bl.lebar*bl.tinggi;
System.out.println("Volume Balok = "+volume+"Cm3");
}
}
• Hasil run
• Analisis
Porgram diatas adalah program praktikum 3 yaitu mencari volume balok perbedaannya disini untuk data Panjang lebar dan tinggi itu diinputkan ketika program sedang berjalan. Untuk caranya kita bisa menggunakan scanner dalam perintah penginputanya untuk programnya bisa dilihat sebagai berikut :
System.out.print("Masukan panjang balok = ");
bl.panjang=sc.nextInt();
System.out.print("Masukan lebar balok = ");
bl.lebar=sc.nextInt();
System.out.print("Masukan tinggi balok = ");
bl.tinggi=sc.nextInt();
data akan diinputkan dan disimpan dalam satu variable terpilih.
Untuk Scanner sendiri dibutuhkan import java.util.Scanner; agar program bisa berjalan dan berhasil untuk menginputkan data.
BAB III
TUGAS INDIVIDU
TUGAS INDIVIDU
• Script
• Analisis
Program diatas adalah sebuah program untuk mencari volume balok dengan
data Panjang lebar tinggi diinputkan dalam sebuah pesan popup yang
ketika program dijalankan dengan menggunakan statement program
JOptionPane yang mana membutuhkan import javax.swing.JOptionPane; untuk
menjalankan statement tersebut. bisa dilihat statement berikut
panjang = JOptionPane.showInputDialog("Masukan Panjang= ");
int a=Integer.parseInt(panjang);
lebar = JOptionPane.showInputDialog("Masukan Lebar= ");
int b=Integer.parseInt(lebar);
tinggi = JOptionPane.showInputDialog("Masukan tinggi= ");
int c=Integer.parseInt(tinggi);
JOptionPane diikuti statement yang akan dimunculkan ketika program
berjalan lalu kita simpan kedalam sebuah variable sesuai dengan yang
digunakan.
Comments
Post a Comment