PENGENALAN OBJEK DAN CLASS

LAPORAN PRAKTIKUM
MODUL 2  PENGENALAN OBJEK DAN CLASS




Disusun Oleh :
20160910005
ANDIKA PRATAMA
SI 2016 B


PRODI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
DAFTAR ISI


DAFTAR ISI    i
BAB I    1
DASAR TEORI    1
PRAKTIKUM    4
BAB II    8
LATIHAN / POST TEST    8
BAB III    11
TUGAS INDIVIDU    11


BAB I
DASAR TEORI

1.    Objek Kesatuan entitas (benda), baik yang berwujud nyata ataupun hanya suatu system/konsep yang memiliki sifat, karakteristik dan fungsi.

2.    Class
Class merupakan cetak biru (blue print) dari obiek atau dengan kata lain sebuah Class menggambarkan ciri-ciri objek secara umum. Sebagai contoh Suzuki Smash, Yamaha VegaR, Honda Supra Fit, dan Kawasaki KazeR merupakan objek dari Class sepeda motor. Suzuki Smash dan objek lainnya juga memiliki kesamaan atribut (merk, tipe, berat, kapasitas bensin, tipe mesin, warna, harga) dan method untuk mengakses data pada atributnya (misal fungsi untuk menginputkan data merk, tipe, berat, dsb serta fungsi untuk mencetak data merk, tipe, berat, dsb). 
Contoh:
class SepedaMotor
{
private String merk, tipe;
private int tangki;
private long harga;

public void setMerk(String merk) {
this.merk = merk;
}
public String getMerk(){ 
return merk;
}
}

3.    Atribut Attribut merupakan nilai data yang terdapat pada suatu object yang berasal dari class. Attributes merepresentasikan karakteristik dari suatu object.

4.    Method Apa saia yang dapat dilakukan / dialami oleh suatu objek. Jika bersifat static berarti dilakukan ojeh semua objek dalam kelas tersebut.
Sintaks untuk membuat method :
accessModifier tipeMethod namaMethod(..........)

Parameter a tipeData1 namaVar1  

    Contoh :
Public long getHarga()

5.    This This digunakan untuk membedakan variabel yang dideklarasikan pada parameter di dalam method dengan variabel yang dideklarasikan pada class. Perhatikan keyword  "this" di bawah ini (lihat pada class SepedaMotor) :
Public void setMerk(String merk) {
    this.merk = merk;
}
Untuk membedakan variable merk pada parameter dan variabel merk pada atribut dari class SepedaMotor, digunakanlah keyword "this", Sehingga untuk menggunakan atribut merk pada class SepedaMotor, digunakan:
this.merk
6.     Access Modifier
Yang dimaksud dengan access modifier adalah pengaturan hak akses class maupun method. Ada 4 akses yang tersedia, yaitu default, public, protected, private Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat kedua tabel berikut ini :
No    Modifier    Pada class    Pada Method & variable
1    Default (tak ada modifier)    Dapat diakses oleh yang sepaket    Diwarisi oleh subkelas dipaket yang sama, dapat diakses oleh method-method yang sepaket.
2    Public    Dapat diakses dimanapun    Diwarisi oleh subkelasnya, dapat diakses dimanapun.
3    Protected    Tidak dapat diterapkan    Diwarisi oleh subkelasnya, dapat diakses oleh method-method yang sepaket.
4    Private    Tidak dapat diterapkan    Tidak dapat diakses dimanapun kecuali oleh method-method yang ada di dalam kelas.

Aksebilitas    public    private    protected    default
Dari kelas yang sama    Ya    Ya    Ya    Ya
Dari sembarang kelas dalam paket yang sama    Ya    Tidak    Ya    Ya
Dari sembarang kelas di luar paket    Ya    Tidak    Tidak    Tidak
Dari subkelas dalam paket yang sama    Ya    Tidak    Ya    Ya
Dari subkelas di luar paket    Ya    Tidak    Ya    Tidak

7.    Instance of Class Objek yang di instan atau dibuat dari class.
8.    Input Data Dalam pemrograman java, untuk menginputkan data dari key board ada 2 cara, yaitu:
1)    Input dari mode console, yaitu dengan memanfaatkan class BufferedReader dan Input.StreamReader. Untuk bisa tnengakses class BufferedReader maka perlu mengimnpor dari package java.io.* dan menambahkan statemen throws IOException pada header method main.
2)    Inputan dengan memanfaatkan class JOptionPane. Untuk bisa menggunakan class JopttonPane, maka perlu mengimpor dari package javax.swing.* dan gunakan method showInputDialog() yang terdapat pada class JOptionPane.
9.    Java Documentation
Merupakan dokumentasi dari kelas-kelas yang sudah disediakan oleh java  yang berupa API (Application Programming Interface), dan siap untuk digunakan

PRAKTIKUM

Praktikkum 1
•    Script
import java.io.*;
class praktikum1{
    public static void main (String[]args) throws IOException
    {
        BufferedReader br=new BufferedReader (new InputStreamReader(System.in));
        String nama,kota;
        System.out.print("Nama Anda : ");
        nama = br.readLine();
        System.out.print("Kota Asal : ");
        kota = br.readLine();
        System.out.println("Selamat Datang "+nama+"dari " +kota);
    }
}
•    Hasil run

•    Analisis
Program diatas adalah sebuah program untuk menampilkan nama dan kota asal dengan data yang dibuatkan secara dinamis atau diketikan ketika program berjalan. Hal ini bisa terjadi karena ada statement program bufferdreader yang berguna untuk mengetikan data ketika program berlangsung dan disimpan didalam variable yang digunakan. Untuk peggunaan statement ini kita harus memakai import java.io.*; agar bufferedreader bisa terbaca oleh program.




Praktikkum 2
•    Script
import javax.swing.*;
class praktikum2 {
    public static void main (String[]args){
        String nama, kota;
        nama = JOptionPane.showInputDialog("Nama Anda : ");
        kota = JOptionPane.showInputDialog("Kota asal : ");
        System.out.println("Selamat Datang "+nama+" dari "+kota);
        System.exit(0);
    }
}
•    Hasil run

•    Analisis
Program diatas adalah sebuah program yang hampir sama dengan praktikum 1 yaitu menampilkan nama dan  kota asal dengan data yang dibuatkan secara dinamis atau diketikan ketika program berjalan namun perbedaannya disini ketika kita akan memasukan data akan muncul sebuah pop up dari program. Hal ini bisa terjadi karena ada statement program JOptionPane.showInputDialog yang berguna untuk memunculkan popup dialog yang nantinya data tersebut akan disimpan di variable yang dipakai. Statement ini juga membutuhkan jasa import javax.swing.*; untuk menjalankan perintah JOptionPane.showInputDialog.


Praktikkum 3

•    Script
Class balok :
    public class balok
{
    double panjang;
    double lebar;
    double tinggi;
}

Class volume balok
public class volumebalok
{
    public static void main(String[] args) {
   double volume;
   balok bl = new balok();
   bl.panjang=7;
   bl.lebar=4;
   bl.tinggi=5;
  
   volume = bl.panjang*bl.lebar*bl.tinggi;
   System.out.println("Volume Balok = "+volume+"Cm3");
}
}
•    Hasil run

•    Analisis
Program diatas adalah sebuah program untuk menentukan volume balok dengan menggunakan class berbeda . class pertama yaitu class balok yang didalamnya terdapat variable untuk diproses. Yang kedua adalah class volume balok yang didalamnya berisi program untuk memproses perhitungan dalam mencari volume balok. Di class pertama kita hanya menentukan variable sebagai tempat untuk menyimpan data. Di class kedua kita membuat sebuah perhitungan sebagai berikut :
volume = bl.panjang*bl.lebar*bl.tinggi;

System.out.println("Volume Balok = "+volume+"Cm3");
 Dalam setiap angka yang akan disimpan kita menyimpan di class pertama untuk cara menyambungkan nya dengan cara sebagai berikut :
   balok bl = new balok();
   bl.panjang=7;
   bl.lebar=4;
   bl.tinggi=5;


BAB II
LATIHAN / POST TEST

Program penerapan class
•    Script
Class post1 :
public class post1
{
    double panjang;
    double lebar;
   
}

Class hitung
public class post1clas{
    public static void main(String[] args) {
   double luas;
        post1 sc = new post1();
   sc.panjang=6;
   sc.lebar=4;
   luas = sc.panjang*sc.lebar;
   System.out.println("Luas persegi panjang = "+luas+"cm");
}
}
•    Hasil run



•    Analasis
Program diatas adalah sebuah program untuk mencari luas persegi panjang. Diatas menggunakan dua class . class pertama yaitu class post1 yang mana hanya berisikan sebuah variable kosong untuk menyimpan nilai. Untuk class yang kedua yaitu class hitung dimana fungsinya untuk menghitung sebuah luas persegi Panjang dengan menggunakan penyimpanan data atau variable dari class post1.

        post1 sc = new post1();
   sc.panjang=6;
   sc.lebar=4;
   luas = sc.panjang*sc.lebar;
   System.out.println("Luas persegi panjang = "+luas+"cm");
Proses tersebut bisa digambarkan seperti berikut.
Class hitung menyimpan data ke class post1, lalu post1 memberikan data ke class hitung untuk diproses dalam aritmatika dan akan keluar hasilnya dalam class hitung

Modifikasi praktikum 3 :
•    Script
Class balok :
public class balok
{
    double panjang;
    double lebar;
    double tinggi;
        
}
Class hitung :
import java.util.Scanner;
public class post3
{
    public static void main(String[] args) {
        Scanner sc = new Scanner(System.in);
   double volume;
   balok bl = new balok();
   System.out.print("Masukan panjang balok = ");
   bl.panjang=sc.nextInt();
   System.out.print("Masukan lebar balok = ");
   bl.lebar=sc.nextInt();
   System.out.print("Masukan tinggi balok = ");
   bl.tinggi=sc.nextInt();
  
   volume = bl.panjang*bl.lebar*bl.tinggi;
   System.out.println("Volume Balok = "+volume+"Cm3");
}
}
•    Hasil run

•    Analisis
Porgram diatas adalah program praktikum 3 yaitu mencari volume balok perbedaannya disini untuk data Panjang lebar dan tinggi itu diinputkan ketika program sedang berjalan. Untuk caranya kita bisa menggunakan scanner dalam perintah penginputanya untuk programnya bisa dilihat sebagai berikut :
   System.out.print("Masukan panjang balok = ");
   bl.panjang=sc.nextInt();
   System.out.print("Masukan lebar balok = ");
   bl.lebar=sc.nextInt();
   System.out.print("Masukan tinggi balok = ");
   bl.tinggi=sc.nextInt();
data akan diinputkan dan disimpan dalam satu variable terpilih.
Untuk Scanner sendiri dibutuhkan import java.util.Scanner; agar program bisa berjalan dan berhasil untuk menginputkan data.

BAB III
TUGAS INDIVIDU

•    Script
•    Hasil run
    

•    Analisis
Program diatas adalah sebuah program untuk mencari volume balok dengan data Panjang lebar tinggi diinputkan dalam sebuah pesan popup yang ketika program dijalankan dengan menggunakan statement program JOptionPane yang mana membutuhkan import javax.swing.JOptionPane; untuk menjalankan statement tersebut. bisa dilihat statement berikut

        panjang = JOptionPane.showInputDialog("Masukan Panjang= ");
        int a=Integer.parseInt(panjang);
        lebar = JOptionPane.showInputDialog("Masukan Lebar= ");
        int b=Integer.parseInt(lebar);
        tinggi = JOptionPane.showInputDialog("Masukan tinggi= ");
        int c=Integer.parseInt(tinggi);  
      
 JOptionPane diikuti statement yang akan dimunculkan ketika program berjalan lalu kita simpan kedalam sebuah variable sesuai dengan yang digunakan.


Comments

Popular Posts