OOP LANJUTAN
LAPORAN PRAKTIKUM
MODUL 3 OOP LANJUTAN
MODUL 3 OOP LANJUTAN
Disusun Oleh :
20160910005
ANDIKA PRATAMA
SI 2016 B
20160910005
ANDIKA PRATAMA
SI 2016 B
PRODI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
DAFTAR ISI
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
DAFTAR ISI
DAFTAR ISI 1
BAB I 1
DASAR TEORI 1
PRAKTIKUM 3
BAB II 13
LATIHAN / POST TEST 13
BAB III 15
TUGAS INDIVIDU 15
BAB I
DASAR TEORI
1. Definisi Objek
Setiap Object (obyek) dibangun dari sekumpulan data (atribut) yang disebut variabel (untuk menjabarkan karakteristik khusus dari obyek) dan juga terdiri dari sekumpulan method (menjabarkan tingkah laku dari obyek). Objek merupakan sebuah instance dari class. Jika class secara umum mempresentasikan template sebuah objek, sebuah instance adalah represenstasi nyata dari class itu sendiri.
Method adalah suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu objek atau dapat dikatakan method adalah perilaku dari objek.
Method memiliki 4 (empat) bagian dasar, antara lain:
1) Nama method
2) Tipe Objek atau tipe primitive yang dikembalikan metode
3) Daftar parameter
4) Badan atau isi method
Construktor merupakan method khusus yang digunakan untuk menginisialisasi objek dan masing-masing Class pasti memiliki minimal satu construktor. Perbedaan method biasa dengan construktor adalah nama method. Construktor memiliki nama method sama persis dengan nama classnya, tidak benipe dan tidak memiliki nilai kembalian.Pemanggilan Construktor dapat dilakukan dengan refrensi this( ).
2. Method Accessor Dan Method Mutator Method Accessor merupakan method yang digunakan untuk mengambil nilai variabel pada suatu class. Method accessor disebutjuga dengan getter. Sedangkan Method Mutator merupakan method yang digunakan untuk memberikan nilai pada variabel. Method mutator disebut juga dengan setter. Kedua metode tersebut menggunakan access modifier public. Variabel yang digunakan untuk getter dan setter menggunakan access modifier private.
Contoh cara penulisan getter:
Contoh cara penulisan setter:
3. Overloading Method Overloading Method adalah terdapat method yang sama pada satu class namun berbeda paramater.
PRAKTIKUM
Praktikum 1
class orang {
String nama, gender;
int usia;
public String tampilNama(){
return nama;}
public void caraBerjalan(){
System.out.println("Tangan Ditaruh Kebelakang");}
int usiaSekarang(){
return usia;}
}
public class dataDiri {
public static void main(String[] args) {
orang org = new orang();
org.nama="suci";
org.usia=25;
System.out.println("Nama : "+org.tampilNama());
System.out.println("usia : "+org.usiaSekarang());
System.out.println("Cara Belajar");
org.caraBerjalan();
}
}
• Hasil run
• kesimpulan
program diatas adalah sebuah program untuk menampilkan nama dan usia serta keterangan lainnya yang mana nama dan usia di inputkan secara statis dengan mengetikan nya dalam script program bukan ketika kita merunning program tersebut. program tersebut menggunkan dua class berbeda yaitu class pertama untuk penggunaan variable dengan nilainya class yang kedua untuk menampilkan data.
Praktikum 2
• Sctipt
public class balok {
double panjang,lebar,tinggi,Volume;
public void setPanjang(double panjang){
this.panjang=panjang;}
public void setLebar(double lebar){
this.lebar=lebar;}
public void settinggi(double tinggi){
this.tinggi=tinggi;}
public double getpanjang(){return panjang;}
public double getlebar(){return lebar;}
public double gettinggi(){return tinggi;}
public double getVolume(){return panjang*lebar*tinggi;}
public static void main(String[] args) {
double volume;
balok bl = new balok();
bl.panjang=7;
bl.lebar=4;
bl.tinggi=5;
volume = bl.panjang*bl.lebar*bl.tinggi;
System.out.println("Volume Balok = " +volume+"cm3");
}
}
• Hasil run
• Kesimpulan
Program diatas program yang digunakan untuk memproses aritmatika yang mana penggunaan angka variable proses berada diluar method main. Jadi jika kita akan memproses aritmatika variable tersebut kita ambil dari luar method dan di tampilkan pada method main dengan menggunakan instant class.
Praktikum 3
• Sctipt
Manusisa.java
public class manusisa {
public String nama;
public manusisa(String n){
this.nama = n;}
public String tampilkanNama(){
return nama;}
public void makan(){
System.out.println("nyam...nyam...nyam...");}
public void kerja(){
System.out.println("kerja...kerjaa....");}
}
Jaka.java
class jaka {
public static void main(String arg[]){
manusisa andika=new manusisa("jaka");
System.out.println("Nama = "+andika.tampilkanNama());
andika.makan();
}
}
• Hasil run
• Kesimpulan
Program diatas adalah program yang memproses nilai pada variable di class yang berbeda dan di panggil di class yang bermethod main yang main pemanggilan tersebut menggunakan variable yang ada declass yang pertama dengan menggunakan instant class.
Praktikum 4
• Sctipt
spp.java
Public class spp{
String nama,nim;
int spt,spv,sks;
public spp(String nama, String nim, int spt, int spv, int sks){
this.nama = nama;
this.nim = nim;
this.spt=spt;
this.spv=spv;
this.sks=sks;
}
public int hitung(){
return (spt+(spv*sks)); }
}
bayarspp.java
import java.io.*;
public class bayarspp {
public static void main(String[] args) throws IOException{
String nama,nim;
int spt,spv,sks;
spp bayar= new spp("irfan","12.12.1234",950000,70000,25);
BufferedReader br = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
System.out.print("Nama \t\t : ");nama = br.readLine();
System.out.print("NIM \t\t : ");nim = br.readLine();
System.out.print("SPP tetap \t\t : ");spt = Integer.parseInt(br.readLine());
System.out.print("SPP Variabel \t\t : ");spv = Integer.parseInt(br.readLine());
System.out.print("SKS \t\t : ");sks = Integer.parseInt(br.readLine());
spp bayar2 = new spp(nama,nim,spt,spv,sks);
System.out.println("\n\n\n--------------Program Perhitungan SPP Manual--------------\n");
System.out.println("Nama \t\t: "+bayar.nama);
System.out.println("NIM \t\t: "+bayar.nim);
System.out.println("SPP tetap \t\t: "+bayar.spt);
System.out.println("SPP VAriabel \t\t: "+bayar.spv);
System.out.println("sks \t\t: "+bayar.sks);
System.out.println("Total SPP yang harus dibayar : "+bayar.hitung()+",-\n");
System.out.println("\n\n\n--------------Terima Kasih--------------\n");
System.out.println("\n\n\n--------------Program Perhitungan SPP Otomatis--------------\n");
System.out.println("Nama \t\t: "+bayar2.nama);
System.out.println("NIM \t\t: "+bayar2.nim);
System.out.println("SPP tetap \t\t: "+bayar2.spt);
System.out.println("SPP VAriabel \t\t: "+bayar2.spv);
System.out.println("sks \t\t: "+bayar2.sks);
System.out.println("Total SPP yang harus dibayar : "+bayar2.hitung()+",-\n");
System.out.println("\n\n\n--------------Terima Kasih--------------\n");
}
}
• Hasil run
• Kesimpulan
Program diatas adalah program yang memproses data spp tetap dan spp variable dengan penempatan variable berada di class pertama dan diproses di class kedua serta ditampilkan dengan menggunakan dua instant class yang berbeda.
Praktikum 5
• Sctipt
Mobil.java
public class mobil {
private String merk,type,warna;
private double harga;
public void setMerk(String merk){this.merk=merk;}
public void settype(String type){this.type=type;}
public void setWarna(String colour){this.warna=colour;}
public void setHarga(double harga){this.harga=harga;}
public String getMerk(){return merk;}
public String getType(){return type;}
public String getWarna(){return warna;}
public double getHarga(){return harga;}
public double Cashback(){
double cashback=0.1*getHarga();
double total=getHarga()-cashback;
return total; }
public void Keterangan(){
System.out.println("harga mobil setelah dikurangi cashback = "+Cashback()); }
}
Utama.java
import java.io.*;
class utama {
public static void main(String[] args) throws IOException{
BufferedReader br = new BufferedReader(new InputStreamReader (System.in));
mobil mb = new mobil();
System.out.print("Masukam merk mobil = ");String merk_mobil = br.readLine();
System.out.print("Masukam type mobil = ");String type_mobil = br.readLine();
System.out.print("Masukam warna mobil = ");String warna_mobil = br.readLine();
System.out.print("Masukam harga mobil = ");
double harga_mobil = Double.parseDouble(br.readLine());
mb.setMerk(merk_mobil);
mb.settype(type_mobil);
mb.setWarna(warna_mobil);
mb.setHarga(harga_mobil);
System.out.println("Daftar harga, merk , type dan harga mobil");
System.out.println("Merk Mobil = "+mb.getMerk());
System.out.println("type Mobil = "+mb.getType());
System.out.println("Warna Mobil = "+mb.getWarna());
System.out.println("Merk Mobil = "+mb.getHarga());
mb.Keterangan();
}
}
• Hasil run
BAB II
LATIHAN / POST TEST
LATIHAN / POST TEST
test.java
public class test {
public String kota;
public test(String n){
this.kota = n;}
public String tampilkanNama(){
return kota; }
public void kabupaten(){
System.out.println("Kuningan"); }
public void Provinsi(){
System.out.println("Jawa Barat "); }}
Post1.java
import javax.swing.JOptionPane;
public class post1 {
public static void main(String arg[]){
test andika=new test(JOptionPane.showInputDialog("Masukan Nama desa di Kuningan : "));
System.out.println("Nama = "+andika.tampilkanNama());
andika.Provinsi();
}
}
• Hasil run
BAB III
TUGAS INDIVIDU
TUGAS INDIVIDU
• Praktikum
Ind.java
public class ind {
public String nama, makan, kerja;
public String tampilkanNama(){
return nama;}
public String tampilkanMakan(){
return makan;}
public String tampilkanKerja(){
return kerja;}
}
Input.java
import javax.swing.JOptionPane;
public class input {
public static void main (String[]args){
ind dika= new ind();
dika.nama =JOptionPane.showInputDialog("Masukan Nama : ");
dika.makan =JOptionPane.showInputDialog("Makan : ");
dika.kerja =JOptionPane.showInputDialog("Kerja : ");
System.out.println("Nama : "+dika.tampilkanNama());
System.out.println("Makan : "+dika.tampilkanMakan());
System.out.println("Kerja : "+dika.tampilkanKerja());}
}
• Hasil Run
Comments
Post a Comment